Tips : Memilih Jenis Kartu Kredit Yang Tepat Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Penerbit kartu kredit di Indonesia semakin gencar mempromosikan produknya tersebut dengan menyajikan fitur serta fasilitas yang cukup menguntungkan dan mengutamakan kemudahan bagi pemegangnya. Fasilitas – fasilitas baru mulai diaplikasikan dengan kartu kredit terlepas dari fasilitas utama yang sudah ada sejak awal.

Bila saat ini anda sedang bingung untuk memilih jenis kartu kredit yang cocok dengan kebutuhan serta kemampuan anda. Penting sekali memperhatikan kebutuhan serta kemampuan untuk memiliki kartu kredit itu sendiri.

Umpamakan anda seorang ibu rumah tangga yang suka berbelanja menggunakan kartu kredit dan ingin mendapat diskon, sebaiknya memilih kartu kredit yang penerbitnya memiliki affiliasi dengan banyak mercant. Mungkin juga, anda seorang pengusaha atau pegawai yang sering bertemu klien dan sering membutuhkan hotel untuk menginap, sebaiknya memilih kartu kredit yang juga beraffiliasi dengan banyak hotel. Biasanya bila penerbit kartu kredit beraffiliasi dengan mercant atau hotel tertentu, akan ada diskon – diskon spesial bila bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Memilih Jenis Kartu Kredit Yang Tepat Untuk Kemudahan Transaksi

www.profmoney.id akan memberikan tips mengenai pemilihan kartu kredit yang cocok. Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilihnya. berikut :

#1. Kredibilitas Bank Penerbit Kartu Kredit Harus Baik

Memilih kartu kredit dari penerbit yang berakredibilitas baik akan berdampak pada kenyamanan kita dalam menggunakan fasilitas tersebut. Tingkat akredibilitas sebuah bank bisa anda lihat dengan memantau memperhatikan naik-turunnya harga saham bank tersebut di pasar saham.

Tingginya tingkat akredibilitas bank tersebut menunjukkan bahwa bank tersebut memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi juga oleh masyarakat. [Baca : Apa itu Kartu Kredit ? Apa Manfaat Memilikinya ?]

#2. Sesuaikan Tipe Kartu Kredit dengan Jumlah Transaksi

Secara umum, kartu kredit di Indonesia terbagi menjadi beberapa tipe yaitu Silver, Gold dan Platinum. Setiap tipe memiliki limit dan iuran tahunan kartu kredit yang berbeda. Bila anda melakukan transaksi menggunakan kartu kredit dengan jumlah kecil atau dibawah 1 Juta, cukup gunakan tipe Silver dan jangan gunakan tipe yang lebih tinggi karena iuran tahunan akan lebih besar walaupun anda hanya bertransaksi di bawah 1 juta/bulan.

Bila hal itu terjadi, tentu akan merugikan anda dalam membayar iuran tahunan.

#3. Perhatikan Tingkat Bunga Yang Di Tetapkan Bank

Ketetapan besarnya bunga bank terhadap nasabah sudah diatur oleh BI [Bank Indonesia] yaitu 2,95% atau sekitar 35,4%. Tapi, bisa anda pilih bank bank yang memberikan bunga lebih ringan agr lebih menguntungkan anda nantinya.

Pihak penerbit kartu kredit pasti bersaing dalam menarik minat nasabah untuk menggunakan kartu kredit. Pasti besar bunga antar satu bank dengan yang lainnya bersaing. Besar bunga juga akan membebani anda ketika membayar tagihan bulanan bila terlalu besar.

Dalam segi pembayaran tagihan bulanan, bank akan menetapkan tagihan pokok kepada nasabahnya yang harus dilunasi tipa bulannya. Bila tidak, bank akan memberlakukan sistem bunga yang dibungakan (Bunga Yang Berbunga), memang ada fasilitas pembayaran tagihan minimum tapi bila di teruskan. Utang anda kepada pihak bank akan berbunga dan terus berbunga hingga akhirnya menjadi Utang Tanpa Batas. [ Baca : Tarik Dana Tunai Menggunakan Kartu Kredit ? Ini Resikonya ]

#4. Kartu Kredit Memiliki Fasilitas Transfer Balance

Ketika anda merencanakan untuk memiliki kartu kredit lebih dari satu, biasanya fasilitas ini bisa dimanfaatkan. Tapi, usahakan untuk memilih penerbit yang memberikan fasilitas ini. Sebab tidak semua bank penerbit kartu kredit memberikan fasilitas tersebut.

#5. Adanya Fasilitas Tambahan Yang Disediakan Pihak Bank Terhadap Pemegang Kartu Kredit

Fasilitas tambahan ini bisa jadi berguna pada saat penting, walaupun anda melihatnya saat ini belum ada manfaatnya sama sekali. Tapi coba anda bayang bila suatu ketika kartu kredit anda tertinggal disuatu tempat karena lupa atau hilang. Itu keadaan darurat dimana anda harus segera sigap dan cepat melaporkan kehilangan kartu serta meminta pemblokiran kartu pada bank penerbit.

Bila kemungkinan hilang, tertinggal atau di curi, agar tidak digunakan tanpa izin atau disalah gunakan yang berimbas pada anda nantinya. Berikut fasilitas tambahan yang penting dan juga harus tersedia bagi para pemegang kartu kredit.

  • Layanan Konsumen (Call Center) : Untuk melaporkan masalah atau bertanya tentang kartu kredit
  • Asuransi Pembelian Barang (Purchased Protection) : Perlindungan terhadap konsumen saat berbelanja barang
  • Akses ATM Global (Payment Point) : Memudahkan pembayaran atau transaksi secara global, yang mungkin saja anda sedang traveling di luar negeri bisa menggunakan layana kartu kredit anda.
  • Layanan Lounge Eksekutif (Executif Lounge)
  • Asuransi Pembayaran Kartu Kredit (Credit Guard) : Perlindungan / jaminan saat transaksi dengan kartu kredit.
  • Kemudahan Dalam Menaikkan Limit Kartu Kredit

Beberapa fasilitas tambahan diatas ini diperkirakan akan sangat dibutuhkan suatu saat. Bila pihak penerbit kartu kredit memberikan fasilitas diatas dengan persyaratan mudah, tentu harus anda pertimbangkan lagi.

Tips itu diharapkan mampu membantu anda dalam memilih kartu kredit dan tidak bingung lagi. Pertimbangkan lagi hal-hal terkait jumlah penghasilan serta limit dan penggunaan kartu kredit jarus tepat agar nanti tidak merugi. [Baca : Hal Penentu Kesuksesan Usaha Kecil Rumahan]

Belum ada Komentar untuk "Tips : Memilih Jenis Kartu Kredit Yang Tepat Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel