Tips : Beberapa Faktor yang Menentukan Premi Murah pada Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan dengan premi murah tentu menjadi daya tarik tersendiri dalam membeli sebuah produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Pada saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya membekali masa depan diri maupun orang-orang terkasih dengan asuransi semakin tinggi terutama asuransi kesehatan.

Ada beberapa alasan kenapa membeli produk asuransi kesehatan seolah menjadi sebuah keharusan di zaman modern ini salah satunya sangat erat kaitannya dengan keadaan finansial seseorang dengan sebuah peristiwa yang bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa bisa diprediksi. Namun tingginya premi yang harus dibayarkan, seringkali menjadi pertimbangan tersendiri bagi para calon nasabah ini untuk menggunakan asuransi.

Apa Itu Premi Asuransi

Premi merupakan sejumlah dana yang harus dibayarkan ekstra pada setiap bulannya oleh calon nasabah sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya dalam asuransi tersebut. Definisi  lainnya menyebutkan premi merupakan hal yang dibayarkan sebagai derma atau hadiah atau dengan kata lain merupakan sejumlah dana yang dibayarkan oleh tertanggung kepada penanggung yang digunakan sebagai pengalihan risiko kepada penanggung.

Pada umumnya besaran premi ini ditetapkan oleh perusahaan asuransi setelah memperhatikan beberapa keadaan. Secara umum tarif premi asuransi ditentukan oleh beberapa unsur diantaranya adalah value judgment, kemungkinan terjadinya kerugian dan policy pemerintah. Sementara bagian yang ditugaskan dalam melakukan perhitungan premi pada asuransi dikenal dengan nama aktuaria atau aktuaris.

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Premi Asuransi Kesehatan Murah

Ada beberapa faktor yang menyebabkan premi pada asuransi kesehatan menjadi murah salah satunya adalah keputusan peserta dalam memilih jenis penggantian klaim. Pada umumnya penggantian klaim dikelompokkan kedalam dua jenis, yaitu:

  • Penggantian klaim didasarkan pada tagihan biaya perawatan yang dibebankan oleh pihak  rumah sakit. Biasanya asuransi ini akan menetapkan plafond yang terpisah untuk biaya dokter, biaya kamar, biaya lab, biaya obat, biaya spesialis, biaya operasi dan lain-lain. Jenis pergantian klaim ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para peserta asuransi kesehatan karena biasanya mereka tidak perlu merogok kocek lagi untuk membayar biaya tagihan rumah sakit karena semuanya sudah dibayarkan oleh pihak lain. Dengan skema ini maka kecil kemungkinan akan mengalami overplafond.
  • Santunan harian rawat inap atau cash plan. Jenis Penggantian klaim ini tidak didasarkan pada jumlah tagihan dari rumah sakit yang harus dibayarkan, itu artinya pihak asuransi sudah menetapkan jumlah penggantian dengan jumlahnya yang tetap yaitu dari sebesar santunan harian yang dikalikan dengan jumlah hari selama dirawat. Jenis penggantian klaim yang kedua ini dinilai memiliki premi yang relatif relatif murah jika dibandingkan dengan yang  pertama, namun resikonya peserta diharuskan untuk mengeluarkan biaya tambahan dari kantong sendri jika tagihannya sangat besar atau membayar biaya tambahan yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi

Cara lainnya yang dapat Anda pilih untuk mendapatkkan premi asuransi kesehatan yang murah adalah dengan memilih produk asuransi yang menyediakan asuransi kesehatan keluarga. Hal ini dilatarbelakangi oleh polis asuransi tersebut.

Dengan mengikuti asuransi kesehatan keluarga maka Anda dapat mengajukan satu polis asuransi kesehatan untuk semua anggota keluarga, kondisi ini memungkinkan untuk membuat preminya menjadi jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli satu polis bagi masing-masing anggota.

Ketentuan setiap perusahaan asuransi akan berbeda-beda dalam menentukan besaran premi termasuk jumlah anggota keluarga yang menjadi pertanggungan. Menggunakan produk asuransi kesehatan keluarga ini lebih banyak dianjurkan untuk dapat terdaftar sebagai peserta asuransi kesehatan dengan premi murah.

Belum ada Komentar untuk "Tips : Beberapa Faktor yang Menentukan Premi Murah pada Asuransi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel