Tips : Memahami Konsep Asuransi Jiwa di Indonesia

Asuransi jiwa Indonesia didominasi pada kehadiran asuransi berbentuk unit link. Unit link merupakan perpaduan dari asuransi jiwa dengan program investasi yang menjanjikan uang nasabah akan kembali selama beberapa tahun ke depan. Dengan asuransi jiwa ini, para nasabah yang merupakan pemegang polis maupun tertanggung bisa memiliki proteksi untuk melindungi jiwa mereka.

Perusahaan Asuransi Jiwa Indonesia

Asuransi jiwa di Indonesia sangat berkembang dengan pesat. Terbukti dengan banyaknya asuransi jiwa yang bermunculan. Ketika ada sebuah bank yang telah buka, maka kemungkinan besar bank tersebut juga akan ikut membuka perusahan asuransi yang juga akan memenuhi kebutuhan nasabah akan proteksi jiwa. Ada beberapa perusahaan asuransi yang juga menjadi anak perusahaan bank yang bisa memberikan kebutuhan nasabah akan proteksi jiwa. Ada beberapa perusahaan asuransi yang otomatis menjadi perusahaan asuransi rekanan yang berada pada suatu bank.

  • BNI Life Insurance

BNI Life Insurance ini merupakan perusahaan asuransi yang juga anak perusahaan dari Bank Negara Indonesia (BNI). Perusahaan asuransi ini telah berdiri sejak tahun 1997. BNI Life Insurance telah memiliki 4 saluran distribusi untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya. Salauran distribusi yang dimiliki BNI Life Insurance berupa Agency, Bancassurance, Employee Benefit, dan Syariah. [Baca : Produk Asuransi BNI Life Insuranse]

  • Axa Mandiri

Axa Mandiri juga merupakan perusahan asuransi yang berada di bawah bank BUMN yang memiliki aset terbesar di Indonesia yaitu Bank Mandiri. Perusahaan Asuransi ini telah ada sejak tahun 2004 yang diawali dengan bisnis asuransi jiwa dan sekarang berkembang menjadi asuransi umum. [Baca : AXA Mandiri : Info Asuransi Pendidikan Mandiri]

  • Bringin Life

Asuransi Bringin Life ini merupakan anak perusahan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Perusahaan asuransi ini telah ada sejak 10 Oktober 1988 yang telah mendapatkan izin usaha dari Menteri Keuangan. Awalnya asuransi ini merupakan asuransi jiwa kredit, namun dalam perkembangannya asuransi ini memiliki layanan lainnya seperti program dana pensiun, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, assuransi kecelakaan dan lainnya.

  • BCA Life

BCA life merupakan satu – satunya anak perusahaan yang dimiliki oleh Bank Central Asia (BCA). BCA Life telah mendapat izin operasional oleh OJK sejak 14 Juli 2014. Program layanan asuransi yang diberikan oleh BCA Life berupa asuransi perlindungan (Protection), asuransi plus tabungan (saving), dan asuransi plus investasi (investment).

Bagaimana Cara Kerja Asuransi Jiwa Indonesia

Secara umum, cara kerja asuransi jiwa Indonesia sama. Apabila ada peserta asuransi yang merupakan pihak yang tertanggung meninggal dunia, maka ahli waris akan diberikan sejumlah uang pertanggungan yang telah disepakati di dalam polis. Ada pihak – pihak yang harus dipahami ketika membuka sebiah polis asuransi.. Pihak yang tertanggung adalah pihak yang jiwanya terlindungi oleh perusahaan asuransi.

Pemegang polis yang biasanya adalah orang yang sama dengan pihak tertanggung ini adalah pihak yang bertanggung jawab mengenai pembayaran ataupun pihak yang menentukan siapa yang bisa dijadikan menjadi ahli waris yang akan ditunjuk untuk dicetak dalam buku polis. Sementara ahli waris adalah pihak yang menerima uang pertanggungan ataupun sejumlah investasi yang telah dibayarkan oleh pemegang polis.

Dalam masa – masa pemberian uang pertanggungan ini biasanya juga ada masa – masa tertentu dimana ahli waris mendapatkan sekian persen uang  pertanggungan apabila kepesertaan nasabah (yang tertanggung) masih tergolong baru. Karena itu, penting untuk para nasabah memastikan isi polis asuransi yang telah dibeli yang berisi ketentuan polis mengenai kontrak selama kepesertaan.

Artikel Terkait : Manfaat Asuransi Kesehatan ACA

Belum ada Komentar untuk "Tips : Memahami Konsep Asuransi Jiwa di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel